Peduli Publikasi dan Sosialisasi

Keberadaan sebuah perguruan tinggi sangatlah penting dalam menunjang kemuajuan sumber daya manusia. Perguruan tinggi yang bermutu adalah harga mati bagi setiap lulusan smu/sederajat yang ingin melanjudkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan ini hampir setiap perguruan tinggi melakukan langkah – langkah yang menunjang terbentuknya kualitas yang baik .
Universitas Bangka Belitung contohnya, memang usia masih muda tapi pemikirannya dewasa. Banyak langkah-langkah yang telah diambil guna mewujudkan mutu yang baik. Dari peningkatan SDM para dosen, penyusunan kurikulum yang unggul, menyediakan sarana prasarana yang baik sampai dengan pembimbingan mahasiswa yang terencana. Para alumninya yang sudah dapat berkiprah di dunia kerja dan dapat bersaing dengan alumni dari perguruan tinggi lainnya, tentunya ini merupakan sisi keunggulan dari UBB.
Pada perkembangannya di sela-sela keoptimisan ini juga tidak sedikit yang pesimis setelah melihat proses percepatan ini menghadapi rintangan-rintangan yang memang membuat para personil pendukung universitas ini menjadi kelelahan.
Terlepaas dari itu semua kenyataan menunjukkan bahwa membangun sebuah visi yang revolusioner ini memang tidak lah mudah, “ Unggul membangun peradaban” adalah kalimat yang dipilih untuk menggambarkan sebuah visi UBB, sehingga dibutuhkan kemauan yang kuat dan keikhlasan dalam mewujudkannya.
Perlu sebuah kerja keras, kekompakan di antara para pimpinan, dosen, staf dan Mahasiswa serta stakeholder, dalam nuansa kekeluargaan yang harmonis. Layaknya sebuah keluarga tentunya tidak terlepas adanya perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat itu merupakan cerminan UBB yang dinamis dan hendaknya dapat memberikan sebuah kemajuan yang dinamis pula. Pendapat boleh berbeda tetapi Visi tetap sama.
Setelah berkembang dengan baik, tentunya UBB juga perlu bersosialisasi dengan masyarakat sebagai stakeholder, ini merupakan wujud dari pelaksanaan tri darma perguruan tinggi tentunya termasuk UBB. Besosiallisasi tidak hanya berfokus pada kegiatan yang menghasilkan uang saja, tetapi juga harus dalam pemaknaan yang lebih luas lagi. Bayak permasalahan – permasalahan baik di negeri serumpun sebalai ini maupun Indonesia pada umumnya yang membutuhkan pemikiran dan saran dari UBB.
Melihat dinamika dari Universitas yang masih muda ini ternyata banyak sekali kegiatan yang telah dilakukan, Cuma masalahnya adalah publikasi dan sosialisasi dari kegiatan tersebut masih sangat rendah. Masing – masing Fakultas , UPT lembaga dan Biro belum memanfaatkan media-media yang ada baik media Koran maupun elektronik terutama web site ubb.ac.id ataupun metode publikasi lainnya secara optimal. Wajar jika masyakat kita sedikit yang mengerti ternyata ada program studi terbaik se Indonesi di UBB, ada dosen teladan di UBB, ada penemuan yang bermanfaat di UBB, dan lain-lain. Wajar pula jika masyarakat akhirnya masih ragu-ragu apa betul universitas ini memang sangat menjanjikan bagi anak anak mereka nantinya. Dalam kesempatan ini penulis ingin menyampaikan sedikit himbauan . Mari peduli terhadap publikasi dan sosialisasi UBB, sehingga masyarakat lebih mengerti tentang apa yang telah di lakukan UBB, dan UBB pun mengerti apa yang di butuhkan masyarakat. Mudah mudahan kedepan Universitas ini terus dapat menunjukkan kelasnya dan dapat memberikan solusi dari permasalahan yang ada . Universitas Bangka Belitung Unggul Membangun Peradaban.

Komentar

Unknown mengatakan…
halo bos
ada email dak ?